Sunday, January 20, 2013

RANAH RANTAU : JAMBI Part.5 ''Rumah Batu Olak Kemang"


                          


Rumah Batu Olak Kemang merupakan Rumah Sayyid Idrus bin Hasan Al-Jufri yang  juga dikenal sebagai Pangeran Wiro Kusumo terletak di sisi utara Sungai Batanghari di Kota Jambi. Tepatnya berada di Jl. KH. Abdul Qodir Ibrahim RT. 02 kelurahan Olak kemang Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi.
Rumah yang oleh masyarakat seberang Kota Jambi dikenal sebagai Rumah Batu Olak kemang ini terdaftar oleh Kantor Pariwisata Jambi sebagai tempat wisata, namun situs wisata ini sepertinya hanya sebagai referensi untuk observasi sejarah. Karena di sana belum dirancang khusus sebagai sarana rekreasi.
Rumah Batu Olak Kemang ini merupakan peninggalan seorang penyebar agama Islam di Kota Seberang pada abad ke 18 yaitu Sayyid Idrus Hasan Al-Jufri atau yang dijuluki PangeranWiro Kusumo. Ketika akan membangun rumah, Sayyid Idrus Hasan Al-Jufri mendapat banyak saran dari rekannya. Termasuk dari Datuk Sintai, seorang pedagang dari negeri Cina. Lewat tangan Datuk Sintai itu lah rumah yang kini jadi cagar budaya kebanggaan Jambi itu berdiri.
Paduan Cina-Arab, terkesan kental pada bangunan tua ini, dimana terlihat adanya relief naga di dinding bercat putih, disisi kanan terdapat sebuah batu berukiran singa dan bunga. Di pilar bagian dalam, tampak relief bertuliskan huruf-huruf  Arab.




















1 comment:

  1. Kondisi terkini masih berdiri tegak atau sudah diratakan kah? Mudah-mudahan saat ke Jambi bisa singgah ke sana jika masih berdiri dengan gagah ^^

    ReplyDelete