Saturday, September 1, 2012

RANAH MINANG : Bukittinggi Heritage Part.3 "Istana Bung Hatta / Gedung Negara Tri Arga Bukittinggi"

Mengunjungi Kota Wisata Bukittinggi, yang terbayang dalam pikiran setiap orang adalah Jam Gadang, Ngarai Sianok, dan Lobang Jepang, Istana Bung Hatta yang berada persis didepan taman Jam Gadang pusat kota Bukittinggi keberadaannya terlewatkan begitu saja bagi kebanyakan pengunjung,  walaupun gedung ini telah menjadi saksi bisu perjalanan panjang bangsa Indonesia, Istana Bung Hatta atau Gedung Negara Tri Arga ini pernah dijadikan sebagai Istana Waki Presiden RI pertama Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1946, dan tahun 1947 gedung ini di jadikan sebagai Pusat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Sekarang namanya diganti dengan Gedung Istana Bung Hatta untuk mengenang jasa Mohammad Hatta sebagai Proklamator Indonesia.



Istana Bung Hatta ini dulunya adalah kediaman dari Asisten Resident Belanda di Bukittinggi, seiring fungsinya namanya pun berganti, pernah bernama Rumah Agung, Gedung Tri Arga, Wisma Hatta, sebelum akhirnya berganti nama menjadi Istana Bung Hatta.

Sekarang istana Bung Hatta digunakan sebagai tempat penginapan resmi Presiden , Wakil Presiden, Tamu Negara yang melakukan kunjungan ke sumatera Barat.
Balai Sidang Hatta yang terletak di samping Istana Bung Hatta, adalah sebuah gedung pertemuan yang  cukup representatif guna mendukung keberadaan Istana Bung Hatta, tak terhitung berapa banyak pertemuan bersklala besar baik nasional, regional, bilateral dan internasional diadakan disini,.

Taman taman yang hijau memberikan keteduhan mengelilingi Istana Bung Hatta, disalah satu sudut taman terdapat sebuah Monumen Patung Bung Hatta. 


No comments:

Post a Comment